Labels

Senin, 20 Juni 2011

Belajar dari Mark Zuckerberg

Belajar dari Mark Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg merupakan entrepreneur muda peringkat pertama dunia yang usianya di bawah 30 tahun dan merupakan anak emas teknologi terbaru yang lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York dari keturunan Amerika-Yahudi dan dibesarkan di Dobbs Ferry, New York

Sekarang tinggal di Palo Alto, California. Ia adalah anak seorang dokter gigi dan sekolah di Ardsley High School dan kemudian di Philips Exeter Academy serta menjelang selesai direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk meng-hacking- suatu proyek. Pada 2006, ia diterima di Harvard University. Di Harvard, sebagai seorang programer komputer, ia melanjutkan menciptakan proyek yang pertama “Coursmatch” yang memperbolehkan mahasiswa melihat daftar mahasiswa dalam satu kelas yang sama. Proyek berikutnya, Facemash.com yang merupakan situs rating gambar spesifik Harvard serupa dengan Hot or Not. Situs tersebut online selama empat jam sebelum akses internet Zuckerberg dicabut oleh kantor bagian administrasi. Departemen pelayanan komputer sebelum membawa ke Harvard University Administrative Board, ia dituduh melanggar keamanan komputer dan melanggar aturan privasi internet dan hak kepemilikan intelektual. 

Zuckerberg meluncurkan Facebook dari ruang asramanya Harvard pada 15 Februari 2004 dan dibantu Harvardnya Andrew McCollum sukses di Harvard serta 2/3 dari mahasiswa menjadi anggotanya dalam dua minggu pertama. Zuckerberg kemudian memutuskan untuk memperluas ke perguruan tinggi lainnya dan dibantu teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes memperluas ke Stanford University, Columbia University dan Yale University, kemudian Ivy League college lainnya serta perguruan tinggi di Boston. Pada awal musim panas, Facebook telah diluncurka pada 55 perguruan tinggi.

Pada akhir Oktober 2007, Microsoft membeli 1,6 % saham dengan harga $ 240 juta, maka diperkirakan kekayaan Facebook mencapai $ 1,5 milyar. Beberapa analis dan sebagian kecil investor Facebook memperkirakan bahwa nilai perusahaan jauh lebih rendah dari yang diperkirakan.Pada 6 November 2007, Zuckerberg mengumumkan sistem periklanan sosial yang baru dalam sebuah kegiatan di New York dan diberi nama Beacon yang memungkinkan orang untuk berbagi informasi dengan kawannya Facebook berdasarkan aktivitas browsing pada situs lainnya. Penjual eBay dan Fundango bergabung untuk menjual produknya melalui Facebook. Mereka membiarkan kawannya mengetahui apa yang mereka jual melalui Facebook news feed sebagai daftar produk yang dijualnya. Pada 1 Desember 2007, kredibilitas Facebook terhadap program Beacon diuji lebih jauh ketika diberitakan oleh The New York Times “tuduhan dasar” kebohongan Mark Zuckerberg terhadap surat kabar dan kepergian Coca-Cola dengan kesan yang sama. Pada 5 Desember 2007, Zuckerberg menulis sebuah berita blog pada Facebook meminta maaf terhadap Beacon dan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menentukan keluar dari pelayanan.. 

Saat ini Facebook mempunyai pengguna aktif lebih dari 66 juta dan diperkirakan penjualan pertahunnya mencapai $ 150 juta. Zuckerberg merupakan pengusaha asal Amerika Serikat yang menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan saat ini ia menjabat sebagai pendiri dan CEO Facebook. Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekayaannya ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar Amerika.

0 comments:

Posting Komentar

Comment

Posting Terbaru

jangan lupa klik tombol "Suka" bila Blog ini bermanfaat..