Labels

Rabu, 08 Desember 2010

Interpersonal Skill

Interpesonal Skill atau Kemampuan individu adalah kemampuan yang berhubungan dengan kepribadian diri seseorang atas hubungannya dengan pribadi lainnya./interaksi sosial, Kemampuan ini tidak didapat dari bangku pendidikan, melainkan didapat dari pengalaman serta hubungan dengan orang lain. Kemampuan ini ternyata sedikit demi sedikit dapat dilatih dan ditingkatkan. dan diterapkan  dlm kehidupan sehari-hari , Berikut ini saya akan mencoba memberikan tips-tips untuk meningkatkan Interpersonal Skill, Tips-tips ini saya dapat dari study kasus dan beberapa orang2 perpengaruh dalam kehidupan pembelajaran saya, juga rekan2 sebagai inspirasi ide untuk di ungkap hingga menghasilkan beberapa buah tutor dan kesimpulan , ini 10 diantaranya :
  1. Senyum (Smile) : Senyum itu Ibadah, hanya dengan senyuman dapat membawa suasana menjadi tentram, dan menandakan orang yang murah senyum adalah orang yang ramah.
  2. Menghargai (Appreciative) : Hargailah setiap usaha yang dilakukan seseorang sekecil apapun, karena dengan mempunyai sikap menghargai sesuatu dapat menumbuhkan semangat dan motivasi kepada orang lain.
  3. Pay Attention to Others : Berikanlah perhatian kepada apapun walau sekecil apapun, dengan bersikap perhatian kepada orang lain maka orang itu pun akan merasa dihargai oleh anda.
  4. Menjadi Pendengar yang baik (Practice to be an Active Listener) : Jadilah pendengar yang baik,  dengarkan dan pahami apa yang orang lain sampaikan kepada kita. dengan begitu kedepannya anda dapat membuat orang lain merasa nyaman berada dekat dengan anda.
  5. Menyatukan banyak orang (Bring People Together) : Manuisa adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi satu sama lain.
  6. Mampu menjadi orang yang dapat meredam konflik (Resolve Conflict) : Menjadi peredam konfilik sangat dibutuhkan, sehingga konflik yang terjadi tidak semakin rumit dan dapat kembali kekeadaan semula, jika anda mampu menjadi salah seorang peredam konflik yang baik, maka itu akan menjadi satu nilai tambah yang baik pada diri anda.
  7. Komunikasi yang baik (Communicate Clearly) : Berkomunikasi secara lancar merupakan hal yang sangat penting, anda harus dituntut dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar, sehingga anda dapat dengan mudah mengungkapkan ide-ide, solusi, dan sebagainya kepada orang lain.
  8. Memiliki selera humor yang bagus (Humor Sense) : Menjadi seorang yang memiliki rasa humor yang bagus menjadikan anda seorang yang tidak membosankan bagi orang lain, dan kebanyakan orang menyukai pribadi yang meiliki rasa humor yang bagus.
  9. Merasakan apa yang dirasakan orang (Empty) : Cobalah merasakan apa yang dirasakan orang lain, dengan begitu anda akan dengan mudah untuk dapat memahami tentang orang lain dan akan mengerti kenapa anda harus mempunyai sikap saling menghargai.
  10. Jangan banyak menggerutu (Don't Complain) : Jangan terlalu banyak menggerutu, bangkit dan perbaiki sesuatu yang anda kira tidak baik, jangan hanya menggerutu.
Interpesonal Skill by : Aang Kunaifi, SE
 

0 comments:

Posting Komentar

Comment

Posting Terbaru

jangan lupa klik tombol "Suka" bila Blog ini bermanfaat..